0

Keteguhan hati

Posted by Heru Ziswa on 5/22/2012 09:41:00 PM


Setiap manusia yang hidup di dunia telah dianugerahi Allah swt dengan kekuatan luar biasa yang sudah tersimpan di dalam diri mereka. Kekuatan ini dapat menjadi pembimbing bukan hanya dalam meraih kesuksesan dunia tetapi juga dalam kesuksesan kehidupan akhiratnya. Inilah kekuatan keteguhan hati.

Sayangnya tidak sedikit kita jumpai orang-orang yang kurang menyadari, mengabaikan atau tidak mau peduli dengan kekuatan keteguhan hati ini. Dengan mudah mereka terjebak dalam model-model kehidupan yang melupakan hati nurani dan mengabaikan nilai-nilai spiritualitas kebenaran.

Guys, sebagai orang yang beriman, kita meyakini bahwa kekuatan manusia itu bukan hanya dalam akal pikirannya, bukan hanya dalam ucapannya, bukan hanya dalam kekuatan fisiknya, tetapi yang lebih utama adalah kekuatan keteguhan hatinya. Keteguhan hati adalah hal yang mutlak diperlukan oleh manusia dalam hidup ini, baik dalam kehidupan spiritualitas maupun dalam keseluruhan aspek kehidupan manusia.

Ada yang bertanya-tanya, apa sih keteguhan hati  itu? Nah dari beberapa buku yang saya baca, dengan sederhananya adalah seseorang yang dapat “istiqamah” atau konsisten atas petunjuk yang bersumber dari suara hati nurani dalam setiap langkah kehidupan. Dengan kata lain, dapat selalu “inline” atau beredar dalam garis edar kehidupan yang berpusat pada hati nurani. Keteguhan hati dapat berarti teguh dalam keyakinan keimanan kepada Allah SWT, tetap komitmen terhadap ajaran-ajaran-Nya, teguh dalam memegang prinsip-prinsip kebenaran dan kuat dalam memperjuangkan keyakinan yang bersumber dari hati nuraninya.

Mau tahu kenapa sih keteguhan hati itu penting? Ya keteguhan hati sangat penting karena menjadi syarat dalam menggapai keberhasilan seseorang baik dalam hidup. Bahkan keteguhan hati dapat mengantarkan seseorang meraih kebijaksanaan dan kemuliaan dalam kehidupan. Seseorang yang memiliki keteguhan hati akan memiliki keteguhan Iman, karena hati adalah tempat bersemayamnya Iman.

Keteguhan hati menjadi cermin kepribadian seseorang, karena menunjukkan keyakinan kebenaran yang ditempuhnya. Keteguhan hati merupakan pendorong motivasi, sehingga memudahkan mencapai tujuannya. Keteguhan hati dapat melahirkan keteguhan iman dan ketaqwaan. Mampu mendengarkan bisikan hati dalam kebenaran dan kebaikan, tidak mudah tergoda dengan tawaran dan jebakan hawa nafsu dan ego pribadi, tidak mudah dibelokkan oleh tujuan yang tidak sesuai dengan keyakinan hatinya. Ketika terlanjur melakukan kesalahan, akan segera kembali pada kebenaran ketika diingatkan oleh suara hati nurainya terdalam. Inilah pentingnya mempertahankan keteguhan hati. 


Terimakasih :) 







0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Mihrab of Ziswa All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.