0

Beristiqomah

Posted by Heru Ziswa on 4/06/2012 11:56:00 AM


Pada dasarnya setiap ibadah mengandung prinsip yang sama. Awalnya kita ”iman” yang tersimpul didalam hati dan iman itu wajib dibuktikan dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Islam.

Kalau persaksian/pernyataan iman (didalam rukun iman) sudah dinyatakan dengan lisan, diyakini dalam hati, percaya adanya akan malaikat dan seterusnya sampai meyakini hari kiamat dan masalah ketentuan takdir, maka pemahaman itu harus dipegang teguh dalam hati.

Keyakinan adanya kitab Allah termasuk didalamnya Al Qur’an, jadi artinya tetap memegang teguh Al Qur’an sebagai kitab suci. Dan pengertian memegang teguh Al Qur’an tentunya segala bentuk amal, perbuatan, kegiatan , bimbingan, dan segala aspek kehidupan kembali kepada Al Qur’an(sebagai pegangan/modal hidup). 

Pesan Rasulullah Saw cukup sederhana dan simpel ketika seorang sahabat memohon nasehat. Satu nasehat yang diberikan Rasulullah sudah cukup sebagai bekal memegang agamanya. Hanya satu saja sudah cukup sebagai nasehat jiwa agar langkah -langkah kaki dan hati tidak keluar dari aturan agamanya, Yakni teguh pendirian dan dibuktikan dengan istiqamah menjalankan amaliyah.



Nah ini ada riwayat melalui Abu Amer ra, ada yang memanggil Abi Amroh Sufyan ibn Abdillah ra, bertanya kepada Rasulullah ”Wahai Rasulullah, ajarkanlah aku suatu ucapan yang mengandung ajaran Islam, yang tidak saya tanyakan kepada orang lain selain kepadamu!”
Beliau bersabda ”Katakanlah, saya beriman kepada Allah ,kemudian teguhkanlah pendirianmu”(HR.Imam Muslim)

Menata hati dengan keyakinan tinggi dalam bentuk teguh pendirian memegang ajaran Allah, yang diterapkan dalam setiap amal perbuatan Islami,dengan kata lain mengembalikan perilaku terhadap konsep Islam itu sendiri adalah bagian dari ingat (dzikir) kepada Allah.Tujuannya ialah meng-Ahad-kan Allah Swt dengan pembuktian sikap dan prilaku yang agamis. Dan pintu pertama hanya dengan menjalankan kewajiban (perintahNya) dengan baik dan ikhlas semata-mata karena Allah Swt. 

Maka dari itu kembali kepada tingkat dan kualitas keyakinan dan iman kita masing-masing. Semoga kita bisa teguh pendirian /beristiamah dalam menjalani ibadah-Nya. 

Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin.



0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Mihrab of Ziswa All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.