6

Tangan di bawah??? Wake Up

Posted by Heru Ziswa on 10/02/2012 04:33:00 PM
Assalamu’alaikum…


Tulisan ini bukan bermaksud untuk menggurui pembaca, tapi hanya ingin berbagi saja…


Mencari pahala di dunia itu banyak caranya. Katakanlah salah satunya dengan cara memberikan sesuatu yang bersifat materil (bersedekah). Yaaa aku pikir sih itu merupakan salah satu tabungan untuk di akhirat. 


Akhir-akhir ini begitu banyak orang yang meminta-minta *maaf kata* baik itu dikota-kota besar atupun kota-kota kecil. Terkadang tak habis pikir, mengapa orang yang tidak terlalu tua *bukan berarti tua harus meminta-minta* & secara fisik masih sehat jasmaninya, kok masih masih meminta-minta dipinggiran jalan?? Apa karena selalu mendapat santunan yang sudah dapat menutupi sebagian kebutuhan hidup mereka ditambah mudahnya pekerjaan ini didapatkan sehingga profesi sebagai pengemis ini pun menjamur dimana-mana bahkan menjadi sumber mata pencaharian hidup.



Terkadang terjadi kesalah pahaman karena adanya ungkapan: “Jangan memberi sedekah kepada peminta-minta!” kenapa kita dilarang memberikan sedekah kepada mereka? Padahal agama selalu menganjurkan untuk selalu memberi sedekah, bahkan Allah telah menggambarkan betapa besarnya pahala bagi orang yang suka bersedekah. 


Sebagaimana firmanNya yang berbunyi.
Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (Al-Baqarah: 261)


Yaa itulah Islam. Agama yang butuh pemikiran & menelaah apapun yang telah dijelaskan di dalam Al-qur’an & itulah juga fungsi hadist, menjelaskan apa yang sudah tertera di dalam Al-qur’an. 


Islam yang datang sebagai pembebas bagi seluruh ummat manusia selalu menganjurkan bagi setiap pengikutnya untuk memberikan sedekah, bahkan sedekah dengan predikat zakatpun sudah menjadi kewajiban. Dan Islam sendiri mempunyai tujuan tertentu dalam bidang harta dintaranya adalah memberantas kemiskinan secara bertahap. 


Memang benar kita hidup di dunia ini saling bergantungan satu dengan yang lainnya, tapi bukan cara mengiba-iba dengan orang lain. Jikalau fisik masih sehat (jasmani & rohani) alangkah baiknya mencari pekerjaan yang halal lagi baik. 


Islam mengajarkan kita untuk selalu bersedekah dan memberikan pertolongan kepada orang yang memerlukan tetapi Islam tidak mengajarkan pengikutnya menjadi peminta-minta atau pengemis, bahkan Rasulullah sendiri pernah menjelaskan bahwa orang yang membawa tambang pergi kegunung mencari kayu lalu dijual untuk makan dan bersedekah lebih baik dari pada meminta-minta kepada orang.

Sebagaimana sabdanya yang berbunyi:

Artinya: “Demi jiwaku yang berada di tangan-Nya sungguh seseorang yang mengambil tali di antara kalian kemudian dia gunakan untuk mengangkat kayu di atas punggungnya lebih baik baginya daripada ia mendatangi orang kemudian ia meminta-minta kepadanya yang terkadang ia diberi dan terkadang ia tidak diberi olehnya”. (HR. Al-Bukhari)


Yaaa kalo menurut pandangan akunya sih bahwa Islam sangat mencela orang yang tak mau berusaha dan hanya bisa meminta-minta. Jangan takut untuk mencoba & berusaha walaupun gagal. Toh Allah Swt Maha Mengetahui Segalanya yang kita perbuat. 

Wassalam....




6 Comments


Terlalu banyak cara yang digunakan untuk meminta2. Bahkan sekarang begitu terorganisir.

Ikutan GA saya yuk mas...
http://niken-bundalahfy.blogspot.com/2012/09/lovely-little-garden-first-give-away.html


kalo yang minta-minta gitu orang yang lanjut usia sih gak apa-apa, tp skrg lebih banyak org yg gagah maunya mintaaa aja.. Dua jempol buat artikelnya :)


Artikel yang mantap.
Mendingan kita yang memberi daripada meminta.


iy tu niken, malahan sekarang mewabah dimana2.. Ok, ntar dikunjungi deh :)


wah terimakasih mbak Hasana, syukron :)


bener tu mas, selagi nikmat ditubuh ini masih bisa untuk melakukan sesuatu, maengapa tidak digunakan untuk mencari nafkah... :) syukron buat kunjungannya mas :)

Posting Komentar

Copyright © 2009 Mihrab of Ziswa All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.