3

Kota Idaman (Curup)

Posted by Heru Ziswa on 12/19/2012 10:02:00 AM

Asslamu'alaikum....

Kali ini aku akan memberikan foto-foto keadan sekitar daerah Kota Curup, Rejang Lebong. Ya meskipun tidak secara mendetail, tapi aku rasa sih lumayan cukup kalo untuk sekedar mengetahuhui keadaan sekitar Kota Curup.





Nah ini adalah peta Kecamatan Kota Curup, Rejang Lebong. Sekarang Kota Curup sudah dibagi menjadi beberapa Kecamatan. Seperti Curup Timur, Curup Tengah, Curup Utara, Curup Selatan dll.



Nah ini dia keadaan foto Kota Curup sekitar tahun 1945, tepatnya didepan Kodim (Tebing Benteng). Fotonya sangat klasik heheheeee.... tapi KEREN :)



Ehmmm kalo ini adalah Tugu Relief Pahlawan. Poto ini diambil sekitar tahun 1990an. Keliatan sepi, yaaa maklumlah dahulu masih minimnya kendaraan bermotor, jadi keliatan lengang jalannya...



Ini dia foto keadaan Tugu Relief Pahlawan yang sekarang ini. Bukan Tugu Relief Pahlawan saja yang ada di pertigaan ini, sekarang sudah ditambah dengan Relief Bungei Kibut *Kata orang Rejang* (Bunga Bangkai)


Ini adalah Bundaran, tepatnya menjadi tempat pusatnya Kota Curup.


Ini kawasan 21 (Dwi Tunggal) :)

Ini pertigaan jalan Kartini.


Pertigaan jalan Merdeka.





Suasana menjelang sore di Kodim, Tebing Benteng


Ini Lapangan Setia Negara. Kalo diliat dari atas kayak gini, tampak gambar bunga Raflessia tepatnya di kawasan tiang bendera, didepan panggung utama.


Kalo ini kawasan Air Sengak, Iskandar Ong & Talang rimbo.



Ini kawasan daerah Sukowati.


Ini juga kawasan daerah Sukowati, tepatnya didepan Masjid Agung Kota Curup.




Ini kawasan daerah Batu Galing


Ini kawasan Perumnas.



Nah ini dia kawasan objek wisata yang ada di Kota Curup, Suban Air Panas.



Nah ini kolam pemandian Suban air panas, tapi ini bukan air panas. nah kalo kolam air panasnya ada dibagian kiri atas, tapi maaf potonya gak aku tag disini :)






Nah kalo ini lebih asyik deh kayaknya, lagian kolamnya langsung berbaur denngan alam. segerrrrrrrrr.... :D




Nah ini adalah kawasan Gunung Kaba. foto ini diabadikan sekitar tahun 1921.

Dan ini keadaannya sekarang, setelah meletus, menjadi kawah mati.....



 
 Kawasan Objek wisata, Danau Mas



Ragam daerah, ragam juga tulisannya. Ini adalah huruf KA GA NGA Rejang Lebong



Dan inilah masakan khas kota Curup, Rejang Lebong yakni Lema yang masaknya dicampur dengan ikan mas dengan lalapannya jengkol muda, tapi aku gak suka dengan yang namanya jengkol, pete & kabau, so makan lemanya saja :D :D . Nah lema ini dibuat dari tunasan bambu yang muda, kemudian dipermentasi sekitar 3/4 hari. nah kemudian jadilah lema.

Nah cukup sekian & terimakasih :)


Wassalam...





3 Comments


wahh..bagus jg kotanya ya. kpn mba bisa main ke sana, tp stlh gempa hebad kemaren,,suasananya gimana ya ?


kotanya mengukuti perkembangan zaman mbak :)
Alhamdulillah setelah gempa kmaren, gak ada korban jiwa & gak ada bangunan yang rusak begitu parah, hanya retak2 sedikit.... ayooo mbak maen ke Curup :D :D


Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Copyright © 2009 Mihrab of Ziswa All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.